Mengenal dan Belajar Fotografi Bagi Pemula

Diposting pada

Hallo sobat Kholid, disini siapa yang seneng banget atau hobby banget foto – foto suatu objek baik pemandangan, makanan, model ataupun yang lainnya. Pas banget nih aku mau memperkenalkan apa yang dimaksud dengan Fotografi itu ? So, nanti kalian bisa tahu lebih dalam lagi mengenai apa itu Fotografi bagaiamana teknik dan sebagai lainnya. Agar kalian bisa lebih memperkembangkan lagi bakat dan hobby kalian. So, mari lanjut dengan membaca artikel dibawah ini.

Fotografi dalam bahasa inggris adala ” photografy “ yang berasal dari kata Yunani berupa ” photos “ ( cahaya ) dan ” Grafo ” ( melukis atau menulis ) menggunakan media cahaya. menurut istilah umum fotografi adalah proses atau metode yang menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai suatu objek pada media yang peka terhadap cahaya.

Teknik – Teknik Fotografi

Dalam fotografi tentunya kalian harus mengetahui terlebih dahulu teknik – teknik apa saja yang digunakan dalam footografi itu. berikut teknik – tekini fotografi :

  1. Zooming
photobytipsfotografi.net

Teknik Zooming ini merupakan teknik yang membuat suatu objek utama terlihat jelas, sementara background terlihat blur atau tidak fokus. teknik ini berfungsi untuk mempertegas suatu objek dan membuatnya semakin mencolok. untuk perubahan panjang fokus hanyak dapat dilakukan dengan lensa zoom dan gunakan kecepatan rana tidak lebih daru 1/30 detik untuk menghasilkan sebuah kesan gerak dan sebaiknya, cara ini pun harus menggunakan tripod.

2. Teknik Panning

photobydiykamera.com

Teknik ini dimana objek yang bergerak akan terlihat lebih tajam, sementara background yang diam justru terlihat blur atau tidak fokus. teknik ini harus mengikuti objek ketika membidik, agar mendapatkan foto secara maksimal lebih tepatnya gunakan speed rendah 8 – 60 serta gunakan tripod.

3. Teknik Macro

photobyfoto.co.id

Teknik yang satu ini merupakan sebuah teknik memotret dalam jarak yang sangat dekat, sehingga membuat objek terlihat sangat besar. Teknik ini biasanya menggunakan teknik jenis macro.

4. Teknik Freezing

photobyqomaruna.com

Teknik ini adalah teknik memotret benda bergerak yang dimana menggunakan kecepatan sangat tinggi. tidak ini sekan membekukan gerakan benda tersebut. dan hasil dari tektik ini berupa objek yang terlihat tajam saat sedang bergerak.

5. Teknik Bulb

photobypelangiprincess.wordprees.com

Teknik ini menggunakan kecapatan rana yang diatur sesuai dengan waktu yang kita inginkan, dengan cara menahan tombol pelepas rana lebih lama, dapat digunakan kabel release dan tripod.

6. Teknik Siluet

photobyphinemo.com

Teknik yang satu ini hanya berupa bayangan sesuai dengan namanya Siluet yang berarti bayangan. Siluet merupakan objek yang menutupi cahaya sehingga teknik ini diterangi dari belakang secara maksimal. aturan dasar dari foto siluet ini adalah objek diharuskan benar – benar terlihat hitam. yang artinya tidak ada berkas cahaya sedikitpun yang menerobos masuk.

Itulah beberapa teknik fotografi yang bisa kalian pelajari atau kalian coba nantinya. Tetapi tidak hanya itu saja sobat, dalam fotografi pun ada juga yang disebut dengan Field View. apa itu Field View ?

Field View

Field View adalah kompoisi umum yang dilihat dari ukuran jarak lensa ke suatu objek. Yang artinya sebuah objek dapat dipotret dengan jarak yang sangat dekat, jauh, dekat maupun sangat jauh. Berikut jenis – jenis Field Of View yang pada umumnya banyak digunakan.

  1. Extreme Close Up
photobykholidfarhan.id

Extrem Close Up ini menggunakan objek potret dengan jarak yang sangat – sangat dekat sehingga detail dari objek ini seperti tektur dan kerut wajah terlihat sangat jelas.

2. Head Shot

photobyhipwee.com

Objek potret ini dengan jarak batasan dari atas kepala sampai dengan dagu.

3. Close Up

photobyinstagram@vara_prames

Objek potret ini menggunakan jarak batas dari atas kepala sampai dengan bahu. seperti contoh pada foto ini

4. Medium Close Up

photobyportaldekave.com

Objek potret ini menggunakan jarak batasan dari atas kepala sampai dengan dada. seperti pada foto ini.

5. Mid Shot

photobyeps.production.com

Objet potret yang satu ini menggunakan jarak batasan dari atas kepala sampai dengan pinggang. potret inipun disebut dengan foto setengah badan.

6. Medium Shot

photobybentarcom.wordpress.com

Objek potret ini menggunakan batasan foto dari atas kepala sampai dengan lutut. Foto ini juga disebut dengan foto tiga perempat badan.

7. Full Shot

photobyinstagram@vara_prames

Objek potret ini menggunakan komposisi potret pada batasan atas kepala sampai dengan ujung kaki. foto ini juga disebut dengan foto seluruh badan.

8. Long Shot

photobyinstagram@vara_prames

Objek dari potret ini diambil dengan jarat yang jauh. dan lebih di fokuskan pada pada gestur tubuh dan interkasi orang pada lingkungan sekitar foto tersebut.

9. Extreme Long Shot

photobyinstagram@vara_prames

Objek potret ini hampir sama dengan long shot. Hanya saja pengambil foto pada potret ini diambil sangat jauh dan mencakup sudut pandang yang luas. sehingga suatu objek dan subjek terlihat lebihh menyatu dan harmoni.

Nah itulah beberapa hal tentang fotografi yang bisa kamu pelajari dan kamu praktekan langsung dengan kamera mu. baik kamera foto seperi Canon maupun kamera di Handphone. hanya saja jika menggunakan kamera Handphone kalian bisa memposisikan handpone mu menjadi lanscape dan ubah kameramu menjadi Mode Pakar.

Semoga bermanfaat untuk kalian semua. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *